Yamaha Nouvo Pakai Discbrake Honda Blade


Yamaha Nouvo Sampeyan sudah mulai susah ngerem? Namanya juga skutik lawas, perangkat deselerasi pastinya mengalami penurunan performa. Jangan melulu menyalahkan kampas rem atau sistem hidraulis. Kadang piringan cakram menipis bisa jadi biang kerok, lo.

Nah kalau ternyata disc yang kena, ganti baru deh. Eggak mahal kok, ketimbang cari copotan atau secondhand. Urusannya nyawa, Cong! Tetapi kalau mau tampil keren tanpa mengorbankan safety, Yamaha Nouvo bisa makin ganteng pakai disc milik Honda Blade atau Absolute Revo.


TAK ADA UBAHAN

Pilihan ada sama Sampean kok. Mau pakai orisinal Yamaha boleh, pakai produk Honda Blade, ya monggo! “Selama masih sama-sama OEM alias rekomendasi pabrik, rasanya fine-fine saja,” ujar Ergus dari R59 Racing di daerah Ciputat, Tangerang. Tetapi kalau Yamaha Nouvo pakai disc Honda Blade jadi tampil beda.

Nah, ngomongin soal harganya, cakram 


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Yo wis, sekarang cara pasangnya. Ternyata tak perlu ada ubahan. Tinggal buka mur as roda depan dengan kunci 14 dan 17 ring-pas (gbr.1). Setelah ban dan pelek terbuka (gbr.2), lanjutkan dengan mencopot baut L ukuran 6 yang menjadi pengikat piringan disc.

Pasang piringan disc anyar milik Honda Blade ke pelek Sampean. Mau yang jari-jari maupun pelek racing bisa semua. Perhatikan simbol panah di piringan yang menandakan arah rotasi (gbr.3). Dengan kata lain, gambar panah harus menghadap keluar. Ikat kembali disc anyar dengan keempat baut ‘L’ yang sebelumnya sudah diberi sedikit cairan penetran (gbr.4).


Proses mengencangkan keempat baut dilakukan dengan menyilang secara bergantian. Ini untuk memastikan piringan cakram seharga Rp 135 ribu ini, terpasang dengan baik di pelek. Lanjutkan dengan memasang kembali roda ke sokbreker alias garpu depan dan pasang kembali as roda. Setelah terpasang, tampang Nouvo makin keren aja!
 
Penulis/Foto: KL:X / Kelix . http://motorplus.otomotifnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers