Puli CVT dengan 9 roller membuat tarikan lebih halus

Umumnya roller pada puli CVT ada 6 buah. Tetapi ada pengembangan terbaru dari Polini, produsen racing parts skuter asal Italia, membuat 9 roller pada puli CVT-nya. Diklaim 9 High Speed Roller ini membuat lari skuter lebih ngacir. Sebab, dorongan ke pulinya lebih banyak, namun penyaluran tenaganya berlangsung halus.



MESIN KECIL


Perusahaan yang didirikan sekitar tahun 1940-an oleh Polini Battista, veteran Perang Dunia II, awalnya membuat sepeda dan kemudian terjun ke dunia skuter, seperti Piaggio dan Lambreta ini, memang fokus pada komponen-komponen balap dan cukup banyak digunakan di seantero dunia.

Knalpot, komponen mesin hingga berbagai aksesori racing lain dibuatnya. Termasuk pada perangkat-perangkat balap skuter yang memang sudah booming sejak dulu di dataran Eropa. Perusahaan kini dijalankan anak-anak Polini, yaitu Carlo, Franco dan Piero.

Skuter-skuter bermesin kecil mulai dari 50 cc hingga berkapasitas besar 250 cc dilayani komponen balapnya Polini dan tak terbatas pada merek Italia, melainkan merek Jepang juga.



Seperti komponen barunya, roller puli CVT yang menggunakan 9 buah roller ini. Diklaim, penyaluran tenaga ke roda akan lebih merata pada tiap tingkat kecepatan. Lantas, performanya pun lebih konstan, seiring akselerasi yang makin meningkat.

“Kita tunggu saja, produk aftermarket bikinan Thailand, pasti ada saja yang menirunya,” canda Willy Dreeskandar, dari bengkel F16 motor di kawasan Ciledug, Tangerang, Banten. Ia pun sudah mengetahui komponen ini dan memang mengharapkan barang tersebut hadir di Tanah Air.

Pada situs Polini, terdapat roller kit untuk Honda SH150, komponennya per set terdiri dari CAD designed Super Speed Variator, 9 roller, drive boss, V-slider, baking plate, torque spring. Kesemuanya ini dilego dengan harga 200 dolar Amerika.

Karena menggunakan 9 buah roller, tentu saja bentuk rollernya kecil-kecil dan per satuannya lebih ringan dibanding roller yang biasa digunakan pada puli yang punya rumah dengan 6 roller saja.

Jika digunakan untuk skuter ber-cc kecil, berat rollernya berkisar dari 4,7 gram hingga 6 gram. Ada juga yang lebih berat, untuk skuter yang kapasitasnya lebih besar, seperti Honda SH 125 atau SH150.

Bahkan Yamaha Majesty dan Suzuki Burgman yang kapasitasnya di atas 300 cc pun tersedia.

6 komentar:

  1. Apakah sudah ada aftermarket yg membuat 9 roller utk mtor matic asia? diaplikasikan ke vario misalnya?

    BalasHapus
  2. tapi lum bisa di aplikasikan ke mio ya.

    BalasHapus
  3. kita tunggu aja ada produsen thailand ataw dr indonesia yang bikin buat pasar asia...untuk sementara baru ada di eropa..

    BalasHapus
  4. untuk saat ini barang sudah masuk ke indonesia belum gan? dan mengenai harganya gimana? kisaran berapa yak? sms ane gan 085814333467

    BalasHapus
  5. kren euy
    bisa di pake buat mio ga,,,,,??????????

    BalasHapus
  6. cepat lah di hadirkan segera gan..

    BalasHapus

Followers