Ganti Kunci Kontak Mio Pakai Bawaan Mio Soul, Bikin Sungkan Maling!

 
Ada penutup lubang kunci, maling butuh waktu lebih
Bukan tanpa alasan mengapa Aris, mengganti panel kunci kontak Yamaha New Mio Sporty 2009 miliknya pakai kunci kontak milik Mio Soul.

“Sebelumnya pernah hampir dicungkil
maling. Mungkin karena tidak ada penutup lubang kunci, jadi mudah untuk dirusak pakai kunci T. Kalau Mio Soul kan ada penutupnya. Bisa lebih lama,” bilang pria tinggal di Jl. Damai 4, RT 02/02, Pasanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan.

 
Hal serupa juga dirasakan dan dilakukan Jimmy Orbotech. Tapi, kalau doi, baru sebatas antisipasi alias jaga-jaga. “Ketimbang motor hilang lebih dulu, baiknya lakukan tindakan preventif alias pencegahan,” ungkap pemilik Yamaha Mio Sporty yang tinggal di Perumahan Cipondoh Makmur, Tangerang.

Betul tuh! Apalagi MOTOR Plus pernah menulis soal pencurian kendaraan bermotor. Juga, komentar langsung dari oknum. Bahwa, lebih baik mendahulukan ‘memetik’ alias mencuri motor yang tanpa pengamanan berlebih. Waktu jadi lebih cepat. Misalnya, seperti motor tanpa pengaman kunci kontak itu.

Nah, buat sobat yang kadung sayang pacuannya, enggak ada salahnya buat mengikuti langkah yang dilakukan Aris dan Jimmy. Tentunya, waktu yang dibutuhkan pencuri jadi lebih lama. “Karena harus mengakali membuka lubang kunci sebelum menjebol panel kunci kontak,” bilang Jimmy yang juga punya bengkel bernama Karya Teknik di rumahnya itu.

Apalagi menurut kedua pria ramah ini, buat aplikasi kunci kontak Mio Soul cukup mudah. Tidak perlu banyak ubahan. Misalnya, bikin dudukan baru lagi. “Enggak perlu bikin dudukan baru lagi kok,” sebut Aris.

Mantapnya lagi, sekarang kunci kontak orisinal Mio Soul juga mudah didapat. Tidak perlu pesan khusus, tapi bisa dibeli di toko. “Bahkan untuk produk KW juga ada yang jual. Tinggal pilih mau pakai asli apa KW,” timpal Aris lagi.

Tapi, dari kedua part itu tentu ada perbedaan ya! Selain kualitas, kunci kontak asli sudah dilengkapi kunci dan panel buat buka jok. Sedang untuk part KW, hanya kunci panel kontak depan aja.

"Lebih baik sih pilih yang orisinal dari pabrik. Karena kalau pakai yang KW, tentu harus pakai dua anak kunci lagi,” saran Jimmy yang juga kerap bikin engine buat pacuan drag bike.


Memang! Kalau pakai dua anak kunci, tentu bikin repot ya! Sebab buat buka jok tentu kudu pakai kunci kontak lama. Sedang untuk menghidupkan mesin motor, pakai anak kunci baru. Welehhhh...

Bicara harga, antara panel kunci kontak KW dan orisinal tidak terlalu jauh kok. Untuk kunci kontak buatan Yamaha asli di pasaran dijual Rp 150 – 70 ribu. Itu, sudah termasuk panel kontak buat buka jok ya. Tapi untuk kualitas di bawah part pabrik, ditawarkan Rp 80 ribuan. “Kalau beli orisinal depannya saja, bisa juga sih. Biasanya dijual Rp 100 ribu,” sebut Jimmy yang juga sudah pasang di beberapa motor milik temannya.


Jika tertarik buat aplikasi, buruan beli! Setelah itu pasang bareng yuk. Ini langkah pemasangannya. Pertama, sobat kudu buka baut cover bodi depan bagian belakang. Maksudnya, cover yang menutupi dari dek bawah hingga ke batas setang. Untuk buka bagian itu, setidaknya ada 6 sekrup kudu dilepas. Membukanya, gunakan obeng kembang.


Dudukan baut sama, buka pakai kunci L5 (kiri). Sesuaikan bentuk lubang dengan panel kontak Soul (kanan).
 
Sudah? Lanjutkan melepas dek tengah bagian atas alias dek yang kerap diinjak pengendara. Untuk membukanya, pakai kunci T 10 mm. Ada 4 baut yang harus dilepaskan dari dudukannya.

Setelah baut-baut dek atas terlepas, kini giliran dek bagian bawahnya. Membukanya,

juga kudu lepaskan baut. Tapi, pakai obeng kembang ya! “Boleh dibilang memang agak repot buat melepas sekedar membuka kunci kontak Mio. Tapi, sabar saja," sebut Jimmy.

Dek terlepas, kini giliran lanjut ke cover mesin yang terletak di bawah jok pengendara. Membukanya, kendurkan dan lepaskan 6 sekrup pengikat pakai obeng kembang. Nah, sekarang bisa deh lepaskan semua bodi itu. Terlihat keseluruhan panel kunci kontak standar milik Mio Sporty! Melepas dua baut panel kunci ini, cukup gunakan kunci L5. Setelah dicopot, pasang panel kunci kontak Mio Soul. “Dudukan baut sama, jadi gak perlu ubah lagi kan,” timpal Aris.

Tapi sebelum memasang semua cover bodi yang sudah dipreteli tadi, sobat terpaksa kudu sesuaikan lubang penutup panel lagi. “Untuk ini butuh bor tunner atau gergaji besi. Tapi, biar lebih rapi, baiknya pakai bor tunner,” saran Jimmy. Itu karena sebelumnya panel kontak Mio kan bulat, sedang Soul kotak. Beres, deh!
 
Penulis : Eka | Teks Editor : Nurfil | Foto : Herry AXL

1 komentar:

  1. Mau nanya dong...
    Harga kunci kontak vario cbs brp ya?kl mau bikin 1 kunci serep bisa ga?(soalnya saya beli vario seken cuma dapet 1 kunci aja...)

    BalasHapus

Followers

Scooter Video

Loading...