Perawatan Combi Brake System Pada Vario CBS


Gimana ya cara merawat Combi Brake System (CBS) yang terpasang di Honda Vario CBS Techno, jangan-jangan perawatannya ribet? “Saya yakin tidak perlu ada perawatan. Di buku panduan perawatan sepeda motor khusus model ini saja, CBS tidak memerlukan perawatan khusus,” jawab Sarwono Edi, Technical Service Training Manager, Technical Service Division, PT Astra Honda Motor.


Nah loh, ternyata CBS diklaim free maintanace. Salah satu penyebabnya adalah CBS yang dipakai pada Honda Vario CBS Techno ini masih menggunkan sistem mekanis, jadi perawatannya lebih mudah. Perangkat CBS pada sepeda motor sebenarnya ada dua macam, ada yang menggunakan sistem mekanis ada juga yang hidrolis.

Pada Honda Vario CBS Techno, untuk menghubungkan rem depan dan belakang masih menggunakan kabel konektor. Pada tuas rem belakang atau tuas rem sebelah kiri ada equalizer yang bercabang ke dua kabel. Satu kabel langsung ke rem belakang dan satu kabel lagi ke kabel konektor. Kabel konektor ini akan menarik knocker untuk mendorong piston hidrolik di master rem depan.

Hubungan antara rem depan dan belakang murni hanya menggunakan perangkat mekanis yaitu memanfaatkan kabel. Konstruksi ini lebih cocok di aplikasikan pada Honda Vario CBS Techno karena rem belakang masih menggunakan drum brake (rem teromol). Karena masih mekanis maka perawatannya jadi lebih mudah.

“Bahkan kabel konektornya juga tidak perlu dilumasi karena saat keluar dari pabrik, di dalam kabelnya juga sudah ada cairan pelumasnya. Ketika melepas ban belakang atau mengganti kampas rem belakang juga tidak perlu setel ulang perangkat CBS nya, semua sudah di setting untuk free maintance,” lanjut pria bertubuh langsing ini.

Sistem mekanis ini sedikit berbeda dengan sistem hidrolis. Sistem hidrolis biasanya dipakai pada motor yang rem depan-belakangnya sudah menggunakan disk brake. Umumnya sudah terpasang pada pada skutik-skutik berkapasitas mesin besar. Fungsi kabel konektor pada sistem hidrolis digantikan dengan sistem hidrolis layaknya sistem hidrolis pada disk brake.

Pada CBS hidrolis ini juga dilengkapi dengan delay valve untuk mengatur komposisi kekuatan rem. depan belakang. Maka dari itu perawatannya pasti lebih ribet. Yang harus dirawat dan diganti secara berkala adalah minyak rem pada sistem hidrolis itu sendiri, baik pada perangkat rem maupun pada konektornya.

Sedang kondisi delay valvenya juga harus selalu dicek kebersihannya agar komposisi kekuatan rem depan belakang tetap sesuai standar. Jangan sampai macet dan kekuatan rem disalah satu roda jadi berkurang atau berlebih.


by : otomotifnet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers